We have 15 guests online
Thursday, 24 April 2014

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Saya mengenal Polycystic Ovary Syndrome ketika di tahun 2009 saya berkonsultasi dengan dr. Ivan Sini. Awalnya karena di awal tahun itu saya mengalami pendarahan hebat yang saya kira menstruasi, tapi ternyata adalah keguguran. Waktu itu saya tidak tahu kalau hamil, saya dan suami saat itu sudah hampir 5 tahun menikah. Tentu saja perasaan saya campur aduk mendengar berita itu, karena kami sudah menunggu sekian lama. Tetapi dr. Ivan mengatakan,”The good news is, you can get pregnant on your own.” Dr. Ivan juga menganjurkan kami untuk berusaha kembali, terus terang tadinya kami berdua sudah berpikir untuk tidak punya anak.

Sekitar bulan Maret 2009, ketika dr. Ivan kembali melakukan pemeriksaan, ia bertanya apakah saya pernah mendengar tentang PCOS? Saya tidak pernah mendengar tentang PCOS sebelumnya. Walaupun di tahun pertama pernikahan, kami pernah berkonsultasi ke dua dokter kandungan dan keduanya mengatakan kalau sel telur saya banyak tapi tidak berkembang. Tetapi saya tidak tahu kalau ternyata itu adalah suatu kondisi yang ada namanya! Dr. Ivan menjelaskan tentang kondisi tersebut dan treatment apa yang ia anjurkan untuk saya.  Saya juga mencari informasi tentang PCOS dari beberapa situs untuk lebih memahami kondisi ini. Jadi apakah Polycystic Ovary Syndrome itu?

Menurut www.womenshealth.gov, PCOS adalah suatu masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi, hormon, jantung, pembuluh darah, penampilan juga kemampuan untuk memiliki anak. Perempuan dengan PCOS umumnya memiliki kadar hormon androgen yang tinggi, menstruasinya tidak teratur dan pada ovariumnya terdapat banyak kista kecil. Masalah utama kondisi ini adalah ketidakseimbangan hormon. Perempuan dengan PCOS memproduksi lebih banyak hormon androgen. Ini adalah hormon lelaki yang juga diproduksi perempuan. Tetapi jika level hormon ini tinggi pada perempuan bisa berakibat pada perkembangan sel telur pada saat ovulasi.

Beberapa peneliti juga berpendapat insulin berhubungan dengan PCOS. Insulin berfungsi sebagai hormon yang mengontrol perubahan gula, zat tepung, dan makanan lain menjadi energi untuk digunakan atau disimpan oleh tubuh. Kebanyakan perempuan dengan PCOS kadar insulinnya terlalu tinggi karena mereka memiliki masalah dalam penggunaannya. Kelebihan insulin pada tubuh ini lah yang dapat meningkatkan produksi hormon androgen. Hormon androgen yang tinggi dapat mengakibatkan beberapa hal, antara lain: jerawat, rambut pada tubuh yang berlebihan, kenaikan berat badan, juga masalah dengan ovulasi.

Hingga saat ini, memang belum ada pengobatan untuk PCOS, tetapi kondisi ini bisa ditangani khususnya bagi para perempuan yang ingin hamil. Setelah banyak mencari informasi, saya jadi tahu kalau saya tidak sendirian. Banyak perempuan dengan PCOS tetap bisa hamil, dan ini menjadi salah satu faktor saya untuk tetap berusaha.

Treatment yang diberikan dr. Ivan saat itu adalah dengan mengonsumsi pil hormon di hari ke 3-7 menstruasi serta obat diabetes (metformin) 3 x 1, kemudian melakukan pemeriksaan di hari ke 13-14 untuk dilihat perkembangan sel telurnya.  Awalnya timbul pertanyaan, mengapa obat diabetes? Padahal saya tidak menderita diabetes. Metformin umumnya digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2, tetapi banyak penelitian menemukan obat ini juga mampu membantu gejala PCOS. Metformin mempengaruhi insulin dalam mengontrol glulosa dan mengurangi produksi testoteron. Setelah penggunaan dalam beberapa bulan diharapkan dapat membantu pembuahan.

Saat kembali ke dr. Ivan untuk mengecek sel telur, terlihat sel telur saya berkembang sesuai ukuran semestinya saat masa subur. The treatment was working! Yeay! Saya disarankan untuk meneruskan treatment, jika setelah 3 bulan belum ada tanda-tanda kehamilan, dr. Ivan menawarkan opsi lain, yaitu inseminasi.

Saya juga berkonsultasi dengan dokter keluarga saya sejak kecil tentang kondisi ini, kemudian istrinya yang kebetulan dokter ahli gizi, menganjurkan saya untuk melakukan diet gula untuk mendukung treatment ini. Ia menyarankan saya untuk makan nasi merah, roti gandum, mengurangi produk makanan yang mengandung tepung-tepungan seperti mie,  es krim, biscuit, kue, cokelat, dan sejenisnya. Untuk nasi merah, roti gandum, saya tidak mengalami kesulitan karena memang sudah lebih dari lima tahun menjadi konsumsi saya sehari-hari. Tetapi saya mengalami kesulitan untuk mengurangi cake, cokelat, es krim, dan lainnya karena sangat suka manis. Awalnya memang berat sekali, tetapi setelah 2 minggu, saya sudah bisa mengontrolnya! Saya tetap makan yang manis-manis, tetapi hanya saat weekend, itu pun hanya secukupnya saja dan keinginan makan manis saya pun berkurang.

Di bulan Juni 2009, saya dan Irsan, suami saya masih mempertimbangkan saran dr. Ivan tentang inseminasi. Apakah kami harus mencobanya? Kami rencananya akan berkonsultasi dengan dr. Ivan dulu tentang hal ini, juga bertanya-tanya pada teman yang pernah melakukannya. Di pertengahan bulan Juni saya merasa tubuh berubah, setelah terlambat menstruasi lebih dari seminggu, saya lakukan tes kehamilan. Hasilnya? Lelaki kecil kami, Makaio Dakara Irsan lahir pada 15 Februari 2010. Thank you dr. Ivan, you’ve made it happened!

Dian Sarwono Irsan

 

Share


 

Comments   

 
-1 # kurnia yuliawati 2011-08-24 19:16
obat hormon di hari ketiga haid nya apa ya mb dian?:)
 
 
+1 # dr. Ivan Sini 2011-09-11 22:00
namanya clomiphene citrate bu, Itu adalah obat yang dapat merangsang pertumbuhan follicle
 
 
-1 # Guest 2011-09-23 11:08
dear dr.ivan....
saya ingin menanyakan masalah saya ini:

saat ini usia saya 29 tahun telah menikah 4 thun, dan masih ikhtiar untuk memiliki buah hati... sesuai dari ciri2 yang saya baca di artikel ataupun obat yabg diberikan dokter kepada saya, kemungkinan saya juga PCO,haid saya tidak teratur... sampai saat ini saya sudah berganti2 dokter beberapa kali, biasana kira 4-6 bln ke dokter klo belum da hasil suami saya suka mogok, ga mau ngelanjutin ke dokter, akirnya istirahat, haid saya acak-acakan, biasana klo pas ke dokter lumayan walaupun ga teratur tapi masih berkisar (28-40 hari) tapi setiap berhenti dari dokter 2/3 bulan sudah berantakan lagi, saat ini sya sudah hampir 2 bulan, belum haid lagi,...
 
 
-2 # Guest 2011-09-23 11:09
informasi tambahan :
obat yang pernah diberikan: vit.e,Zink, cikloproginova, caberlin (dari hasil lab prolaktin 25, yang lain normal) setelah itu bulan berikutnya diberi obat metvormin dan provertil selama 3 bulan, stlah itu kami tidak ke dokter lagi terakhir maret 2011,... setalah itu haid saya masih normal 30 hari- 33 hari, terakhir saya haid tgl 27 juli smp skr blm haid lagi,dan setelah di tespack hasilnya -, apa yang harus saya lakukan dok, untuk melancarkan haid lagi.. obat apa yang bisa saya gunakan???
Note : analisa sperma suami bagus

atas perhatian dan jawaban dokter kami ucapkan terima kasih
 
 
0 # dr. Ivan Sini 2011-09-26 19:24
Yuni: sabar ya. memang PCOS itu butuh kesabaran dan ga bisa instant. Coba ibu aja dulu yang datang untuk kita bahas rencana yang lebih jelas sebelum melibatkan bapak
 
 
0 # Guest 2012-09-20 14:15
Dear dr. Ivan, knalin dok...saya mona, sy tinggal dikalimantan, nah sy sdh menikah lbh kurang 1,5thn, karena ngebet mau punya anak dr sebelum 1 thn saya sdh program ke dokter spog(k.fer) disini cuma satu-satunya dok disini. mnrt dokter saya itu sy indikasi PCO karena LH: 9.77, FSH: 4,00, insulin:20,20, prolaktin:24.30 , sy di resepin Actos dok...dan skr sudah normal mensnya tapi belum hamil juga, hasil HSG sy patent dok, suami tp msh terato. yg membuat sy heran dok, sy H+14-H+16 test kesuburan selalu positif, artinya sel telur sy besar kan ya dok.. sy ada rencana donk kalo thn ini blum bisa hamil mau insem ama dokter di morula....mnrt dokter bagaimana ya dok dgn kasus sy...mkasih
 
 
-1 # Guest 2012-10-11 16:47
Dear Dr. Ivan
Saya juga sepertinya penderita PCO karena kemarin sempat cek dan kata dokternya sel telur saya kecil-kecil tapi banyak.
Saya dikasih obat tapi bikin badan jadi gemuk sedangkan penderita PCO harus menurunkan berat badan..Itu gimana yah dok?
 
 
+1 # Guest 2013-02-23 21:18
Dear Dr.ivan
Ass. ....Mau nanya dok, nama Sy anti...sudah 5 tahun melangsungx pernikahan, hasil pemeriksaan sy mengidap pco n skrg mengikuti program hamil di Ivf morula bunda dgn Dr. Indra..., sudah 3x hamil tapi tidak berkembang...., Minggu lalu sy melakukan laparaskopi n memang indung telur sy putih n ada endometrosis ringan tapi sudah dihilangkan dan indung telurnya didrilling...., pertanyaan saya dok apakah sy bisa hamil mengingat umur sy sdh 36 th??, apakah obat clomiphene citrate sama dgn obat femara? Knapa mengkonsumsi forbetes itu bikin pusing..., apakah forbetes sama dgn metformen? Makasih sebelumnya dok krn pertanyaan sy byk krn sy tahu dokter pemilik Ivf morula...krn tdk setiap saat bisa konsul di Ivf mengingat domisili dluar Jkt...makasih sebelumnya dok.
 
 
+1 # Guest 2013-04-08 12:05
Dear dr. Ivan, saya baru mulai terapi metformin. tapi saya ga tahan dengan efeknya... pusing&mual banget sehingga aktivitas saya terganggu. ada cara lain ngga dok, selain terapi metformin utk penderita pcos. sudah 8 tahun menikah belum punya keturunan bikin galau juga.
 
 
0 # Guest 2013-04-15 08:47
Selamat pagi....
Sy rina..memang blm stahun menikah, tp sejak sbkm menikah sejak smu kuliah haid sy gk teratur...peena h waktu kuliah sy ke dokter kata doktrnya karena hormon...katany a paling klow sudah nikah teratur....
Bulan ke 4 nikah sy ke dokter kata dokternya sy PCO sel telurnya kecil2 dan gk berkembang....s y disarankan untuk olahraga untuk meningkatkan hormon.
Hampir 9 bulan sy olahraga..haid lumayan lebih teratur sebulan sekali psti dpt..klow pun telat telatnya sebulanan...dan baru sekali. Sy cek lagi ke dokternya trnyata sel telurnya msh kecil2....
Sy takut konsumsi obat kba katanya akan berimpact di masa tua seperticancer....
Apakah obat2 yg dokter sarankan diatas aman untuk kedepannya dok?
Tks
 
 
0 # Guest 2013-05-16 09:13
saya terharu sekali membaca smua curahan ibu2 krna saya senasib dengan calon2 bunda sekalian ,,,,mohon dokter memberikan solusi buat kami.terimakasi h
 
 
0 # Guest 2013-06-23 16:24
Hi dokter,
sy penderita pco sejak sy kuliah, sy gemuk dan pertumbuhan bulu ditubuh jg agak bnyk. Sy mau terapi dok, kemarin2 sy ckup cuek dgn situasi ini.skrg sdh 1 thn lebih sy blm menstruasi lg,dan mohon saran diet yg cocok bgmana y dok? Krn sy smpt turun tp naik lg...pdhal sdh diatur smua pola makan dan olahraganya...s aran nya y dok...
 
 
0 # Guest 2013-07-26 18:45
Dear dr ivan,saya sdh 12th menikah,blm hamil jg.Sy sebelumnya sdh beberapa kali ke dr kandungan,tapi blm berhasil.Sdh 4 thn kami tdk periksa lagi,seperti putus asa dok.Tapi setelah sy membaca sharing dr temen2 di forum ini,saya&suami mau mulai berobat lagi,dgn dr ivan.Boleh saya minta alamat praktek dr ivan?Thanks ya do sebelumnya..
 
 
0 # Guest 2013-08-23 15:26
Dokter, sy kena pco, tp haid sy teratur, Sdh cek hormon hasilnya normal, mmg sy ada bulu2 halus d wajah Dan seluruh tubuh, sy perna hamil cm 3bln keguguran akibat janin tdk berkembang, apa sy perlu minum metrofin dok,
 
 
0 # Guest 2013-08-23 15:30
Dokter tau kena pco thn 2011,haid sy teratur,hormon sy normal,perna inseminasi tp gagal, Dan 5bln dberi profeertile tp tdk berhasil jg dok, terapy apa lg dok yg hrs sy jlni krn apa yg sy lakukan slalu gagal, perna sy hamil tp 3bln gugur krn janin tdk berkembang Hny ada kantong janin, apa metformin bs sy konsumsi dok?? Mohon penjelasannya dokter,tq
 
 
0 # Guest 2013-09-25 15:38
dear dr ivan.. btw saya dulu pernah melahirkn dn punya anak 3org ... n nw anak saya yg k 3 dh masuk 8thn... n masa ini saya nak mengandungi lagi.. masalh nya saya cek k pakar sakit puan saya mempunyai telur yg bnyk tetapi terlalu kecil menyababkan utk saya sukar utk mengadungi lagi.. boleh dr ivan trang kn apa dan bagai mana utk saya bole mengandungi lagi..
 
 
0 # Guest 2014-03-13 13:11
Remarkable! Its in fact remarkable post, I have got much clear
idea regarding from this post.

Here is my webpage :: obat diabetes: http://www.facebook.com/jamsiobatdiabetes
 
 
0 # Guest 2014-03-13 13:11
Hi, i think that i saw you visited my weblog thus i got here to go back the desire?.I
am attempting to in finding things to improve my website!I assume its good enough to use a
few of your concepts!!

Feel free to visit my blog post ... obat diabetes: http://www.facebook.com/jamsiobatdiabetes
 
 
0 # Guest 2014-03-13 13:12
This design is incredible! You certainly know
how to keep a reader amused. Between your wit and your
videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost...HaHa!)
Excellent job. I really enjoyed what you had to say, and more than
that, how you presented it. Too cool!

Here is my webpage: obat diabetes: http://www.facebook.com/jamsiobatdiabetes
 

Add comment


Security code
Refresh

 
Content View Hits : 400107
2011 dr ivan clinic . all rights reserved

Designed by ideseni webdeveloper by dinartdesign