We have 25 guests online
Friday, 25 April 2014

Myoma Uteri

Myoma Uteri (Fibroid) adalah merupakan suatu jaringan tumbuh dalam tubuh manusia yang berkaitan dengan daging rahim yaitu myometrium. Rahim merupakan organ reproduksi wanita yang terdiri dari selaput rahim ( endometrium), daging rahim (myometrium) dan selaput luar rahim (serosa). Di dalam sel myometrium ini dapat terjadi perubahan yang menyebabkan sel daging rahim ini menjadi keras(fibrosis). Umumnya 25% dari wanita asia mempunyai tendensi memiliki myoma. Kebanyakan dari myoma uteri ini tidak menimbulkan gejala dan permasalahan. Pada wanita yang mengeluhkan gejala biasanya berkaitan dengan jumlah menstruasi yang banyak, tidak teratur, rasa nyeri dan kesulitan mempunyai anak.

Mioma walaupun  tidak terkait langsung dengan pola makan dan gaya hidup tetapi terbukti bahwa wanita yang gemuk, kurang berolahraga, kandungan kolesterol yang tinggi dan kesulitan mempunyai anak akan mempunyai resiko yang meningkat akan terjadinya insidens myoma uteri.

Letak dan lokasi yang sering tumbuhnya mioma adalah di rongga rahim (mioma geburt) di bawah selaput rahim ( submukosal) di daging rahim (intramural) dan di kulit rahim (serosal).

Dari gejala dan letak lokasi mioma yang dikeluhkan dokter akan menentukan terapi mana yang paling ideal. Prinsip terapi selalu dimulai dengan  terapi obat obatan. Terutama pada keluhan menstruasi yang banyak dokter dapat memberikan terapi non hormonal.  Adakalanya terapi hormonal perlu diberikan pada wanita dengan mioma.

Pada kondisi dimana kesuburan masih diperlukan, umumnya dokter akan menawarkan opsi operasi besar seperti laparotomy. Sekarang kemajuan teknologi medis telah menunjukkan teknik operasi laparoskopi (bedah minimal invasif) telah mempunyai hasil akhir yang sama dengan operasi besar. Ada keterbatasan dimana laparoskopi tidak dapat dilakukan umumnya berkaitan dengan ukuran rahim yang sudah sangat membesar.

Bila telah didiskusikan dengan dokter dan anda mempertimbangkan untuk mengangkat rahim untuk memberhentikan gejala yang timbul, opsi laparaskopi sangat memungkinkan untuk mempercepat masa pulih.

ROBOTIC SURGERY adalah merupakan jenis operasi yang paling mutakhir yang dapat membersihkan mioma secara detail melalui operasi minimal invasive. Teknik ini akan memberikan akses yang luarbiasa pada dokter bedah untuk mengevaluasi luka dan bidang operasi.

Opsi non bedah pun masih dapat dipertimbangkan terutama pada pasien yang tidak menginginkan tindakan pembedahan. RS Bunda sudah akan mengadopsi teknologi embolisasi mioma dengan menggunakan kateter pembuluh darah, dimana pembuluh darah yang mensuplai mioma tersebut dapat disumbat. Pasien tidak memerlukan luka operasi sama sekali.

Share


 

Comments   

 
+1 # Christiana Erna AW 2011-07-20 13:08
Kalau dengan embolisasi mioma ini, mioma akan mengecil sendiri terus hilang sama sekali atau cuma berhenti tumbuh & berkembang Dok ? Trus... apakah jika mioma sudah diangkat/dibers ihkan masih ada kemungkinan bakal timbul lagi ?
 
 
+3 # dr. Ivan Sini 2011-07-22 21:53
Mioma umumnya tumbuh pada wanita yang mempunyai bakat. Apabila dilakukan embolisasi mioma ini akan mengecil dan kemungkinan menjadi tidak ada pengaruh klinisnya. Ini merupakan opsi yg sangat baik. Tahun 2012 di RS BUnda akan ada fasilitas untuk melakukan embolisasi ini, sehingga pasien mempunyai opsi untuk tidak dilakukannyan operasi
 
 
+1 # Guest 2012-09-05 15:10
Dr.. saya mau tanya, teknik embolisasi mioma tsb dapat dilakukan untuk miom yang ukurannya berapa?.. dan biaya untuk embolisasi tersebut berapa ya dok...

Terima kasih
 
 
0 # Guest 2012-12-26 20:42
Dr.Ivan,saya pasien RS.IVF Bunda. Dari hsl USG ada 2 miom ukuran 3cm dan 2 mion ukuran
 

Add comment


Security code
Refresh

 
Content View Hits : 400462
2011 dr ivan clinic . all rights reserved

Designed by ideseni webdeveloper by dinartdesign