We have 24 guests online
Friday, 25 July 2014

Kehamilan diatas usia 35 tahun

Kehamilan adalah merupakan suatu bagian kehidupan yang penting. Terkadang karena bermacam alasan kehamilan baru dapat terjadi pada usia 35 tahun ke atas. Walaupun proses perjalanan kehamilannya akan  kurang lebih sama dengan wanita yang lebih muda, akan tetapi beberapa resiko yang mungkin terjadi terutama pada insidens kelainan pada bayi akan meningkat. RESIKO KEHAMILAN PADA USIA 35 TAHUN KEATAS

 

  1. 1. Keguguran

Pada usia 35 tahun kualitas telur yang dihasilkan setiap bulannya akan berkurang, walau proses menstruasi tetap berjalan. Hal ini akan menyebabkan secara genetic telur yang tidak baik akan berakibat pada kehamilan dengan embryo yang mempunyai kelainan kromosom. Kebanyakan dari embryo dengan kelainan ini akan mengalami permasalahan pertumbuhan pada trimester pertama yang akan berakibat kegagalan proses kehamilan yang berakhir dengan keguguran. Dalam hal ini tidak terlalu banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran. Pada kasus keguguran berulang lebih dari tiga kali dianjurkan untuk anda mengkonsultasikan hal ini dengan dokter.

  1. 2. Sindroma Down

Kelainan ini adalah merupakan permasalahan genetic pada kromosom 21. Manusia mempunyai 23 pasang kromosom yang disertai kromosom seks. Setiap pasang ini mempunyai nomor urut kromosom dan pada kondisi Sindroma Down akan didapat jumlah kromosom 21 sebanyak 3/trisomi. Secara klinis hal ini akan ditunjukkan dengan adanya kelainan struktur fisik mongoloid, penurunan IQ, dan kadang disertai dengan kelainan kongenital lainnya. Resiko ini meningkat dengan seiring bertambahnya usia.

Untuk mendiagnosa kelainan ini didalam kehamilan diperlukan suatu tindakan invasive yang dikenal sebagai Chorionic Villus Sampling dan Amniosentesis. Tindakan ini merupakan cara untuk mendapatkan sel dari janin untuk mendeteksi jumlah kromosom yang ada. Untuk menghindari tindakan amniosentesis yang berlebihan, dapat dilakukan proses skrining lebih dahulu mana potensial pasien yang beresiko tinggi untuk mempunyai kehamilan dengan kondisi ini. Skrining yang umum dilakukan adalah tes tengkuk janin (Nuchal Fold Thickness) yang didapatkan dengan pemeriksaan USG, yang kadang digabungkan dengan pemeriksaan darah(Quadriple Test), atau skrining Triple Test yang hanya menggunakan sample darah. NFT dan Quadriple Test dilakukan pada kehamilan 10 sampai 13 minggu, sedangkan triple test dilakukan pada kehamilan 15 sampai 17 minggu

Amniosentesis

Amniosentesis dilakukan pada wanita hamil dengan tujuan mengambil sampel cairan ketuban. Tindakan ini dilakukan dengan bantuan USG untuk bias melihat kantung cairan ketuban, lalu dengan jarum tipis cairan ketuban ini akan diambil untuk dikirimkan ke laboratorium genetika sebagai proses untuk menganalisa jumlah kromosom. Aminosentesis ini juga dapat dilakukan untuk beberapa indikasi medis lainnya.

 

Walaupun tindakan ini dikategorikan sebagai tindakan yang invasif, tetapi di tangan operator yang berpengalaman dan handal, amniosentesis mempunyai resiko yang relatif kecil. Resiko keguguran dengan tindakan ini adalah 1 dari 200. Resiko trauma pada bayi mengingat tindakan ini umumnya dilakukan dengan bantuan USG, sangat jarang terdengar kecacatan bayi yang diakibatkan oleh karenanya.

 

USG

Dengan bertambahnya kecanggihan alat deteksi kelainan dapat dilakukan sedini mungkin. Alat USG 4 Dimensi sangat membantu deteksi kelainan struktural pada bayi. Dokter yang melakukan USG inipun harus merupakan dokter yang terlatih khusus. Umumnya anda akan diperiksa selama minimal 20 menit untuk menilai janin secara keseluruhan. Mengingat pada wanita di usia 35 tahun keatas banyak terjadi peningkatan resiko kehamilan dengan bayi yang disertai kelainan congenital, pemeriksaan ini menjadi bagian yang sangat penting adanya dalam proses pemantaun kehamilan. Idealnya pemeriksaan ini dilakukan pada usia kehamilan 20 sampai 24 minggu, walaupun tidak menutup kemungkinan diluar dari usia kehamilan ini untuk dilakukan pemeriksaan morfologi detail.

 

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pelayanan di RS Bunda, anda dapat menghubungi bagian Customer Relation, telp 31922005, email. This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Share


 

Comments   

 
+2 # Dian Sarwono 2011-07-19 09:33
Apakah ini resiko untuk perempuan yang hamil pertama kali di atas 35 dr. Ivan? Bagaimana jika merencanakan kehamilan kedua di atas 35, atau mendekati usia 40th? Apakah resikonya juga sama?

Terima kasih,
Dian Sarwono
 
 
0 # Christiana Erna AW 2011-07-19 12:58
wewww... serem bener Dok resiko nya... :(
Trus langkah2 apa yg mesti dilakukan andaikan hal ini terjadi ? apakah bisa dr pola makan/pola hidup yg super2 sehat ?
 
 
0 # dr. Ivan Sini 2011-07-19 22:43
Ngga usah khawatir, karean bukan berarti hamil diatas 35 tidak boleh. Tetapi we should know the risk has already increased. tetapi hampir sebagian pasien yang hamil pada grup usia ini normal normal saja kok :)
 
 
0 # Christiana Erna AW 2011-07-20 13:12
hehehe... siap Dok... yg penting selalu berpikir positif aja yaa... Thx u/ supportnya... :d
 
 
0 # Guest 2011-07-20 07:04
Sekitar 3 ulan yg lalu saya mengalami keguguran pada kehamilan pertama, terdeteksi disebabkan seperti yg dokter sebutkan diatas dan berakhir dengan kuretase. Yang ingin saya tanyakan, berapa lamakah waktu yg tepat untuk hamil lagi sesudah kuretase? Mengingat usia saya sekarang 38 tahun. Lalu adakah kemungkinan hal ini dapat terjadi lg pada kemilan berikut? Terima kasih dokter.

Gita Panhar
 
 
0 # fidia 2011-07-20 13:08
Halo dr.Ivan...
Sambil nunggu ketemu hari senin depan boleh konsul disini dulu ya dok… :-)

Setelah sabtu kemarin dikuret karena BO, saya kok masih pengen usaha lagi ya dok....(padahal darah & airmata ini belum kering…he..he...)
Saya tau resikonya paling tidak seperti yang saya alami kemarin….
Kalo menurut dokter, apakah masih memungkinkan kalo saya ikut program ICSI lagi…?
Kalau memungkinkan, kapan sebaiknya saya memulai program..?

Thanks
~fdh
 
 
+1 # Christiana Erna AW 2011-07-20 13:13
Ibu2... simak baek2 yaa... kuret bukan akhir dari segala2nya... yg penting tetep SEMANGAT, USAHA & BERDOA... ga ada yang mustahil bagi org2 yg masi mau berdoa & berusaha :-)
 
 
0 # dr. Ivan Sini 2011-07-20 13:20
@fidia: tunggu sekitar 2-3 bulan ya bu. banyak2 berdoa di bulan Ramadhan.. :)
@Erna: Good point..!
 
 
0 # fidia 2011-07-20 14:24
Thanks dok...
Oh ya, hari senin pas kontrol pasca kuret saya boleh sekalian papsmear dok..? udah 2 tahun saya bolos papsmear... :-)

Sekalian mau tanya, seberapa efektifkah imunisasi HPV untuk mencegah kanker cervix dok?
 
 
0 # dr. Ivan Sini 2011-07-20 13:28
@gita: istirhat 2-3 bulan cukup. untuk kemungkinan hamil dengan keguguran pada riwayat satu kali keguguran tidak akan meningkat. Tetapi karena faktor usia yang bertambah, resiko memang akan sedikit lebih tinggi. Tp jgn kecil hati krn banyak kok ibu hamil diatas usia 40 th pun yang masih berakhir dengan khamilan yang baik :)
 
 
0 # Guest 2011-07-20 13:34
Terima kasih banyak atas info-nya dok....:) saya pengen konsultasi sekalian ikut program untuk kehamilan berikutnya, apakah bisa?

Kalau boleh saya mohon informasi ttg tempat dan jadwal praktek atau no.telf yg bsa saya hub, untuk mendaftar?

Terima kasih sekalinlg dok :D..
 
 
+1 # junita 2011-07-20 14:21
Ibu", jgn takut krn kehamilan sy pertama umur 38 thn. Berkat bantuan dr. Ivan & tentunya bnyk doa si kembar agt ini sdh mau 1 thn. Manusia berusaha dan Tuhan yg menentukan.

Si kembar sehat" dan normal.

Salam,
Junita
 
 
0 # Guest 2013-11-19 11:04
Dok, saya baru saja keguguran pada hamil pertama. Setelah keguguran biasa nya brp lama lagi ya tuk bisa hamil lagi, mengingat usia saya skg hampir 35 taon.
 
 
0 # Guest 2013-11-19 16:00
Salam dokter Ivan , saya Ibu Siti usia saya Sudah 38 tahun Dan saya sedang mengandung anak ke 3 usia ke hamil an saya 15 minggu . Saya sering mengalami sakit di pinggang di bagian kiri Dan belakang pinggang atas pinggul apa rasa sakit yg saya alami Karena Ada gangguan pada ke hamil an saya Dokter mohon informasi nya makasih
 

Add comment


Security code
Refresh

 
Content View Hits : 432312
2011 dr ivan clinic . all rights reserved

Designed by ideseni webdeveloper by dinartdesign