Kehamilan diatas usia 35 tahun

Kehamilan adalah merupakan suatu bagian kehidupan yang penting. Terkadang karena bermacam alasan kehamilan baru dapat terjadi pada usia 35 tahun ke atas. Walaupun proses perjalanan kehamilannya akan  kurang lebih sama dengan wanita yang lebih muda, akan tetapi beberapa resiko yang mungkin terjadi terutama pada insidens kelainan pada bayi akan meningkat. RESIKO KEHAMILAN PADA USIA 35 TAHUN KEATAS

 

  1. 1. Keguguran

Pada usia 35 tahun kualitas telur yang dihasilkan setiap bulannya akan berkurang, walau proses menstruasi tetap berjalan. Hal ini akan menyebabkan secara genetic telur yang tidak baik akan berakibat pada kehamilan dengan embryo yang mempunyai kelainan kromosom. Kebanyakan dari embryo dengan kelainan ini akan mengalami permasalahan pertumbuhan pada trimester pertama yang akan berakibat kegagalan proses kehamilan yang berakhir dengan keguguran. Dalam hal ini tidak terlalu banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran. Pada kasus keguguran berulang lebih dari tiga kali dianjurkan untuk anda mengkonsultasikan hal ini dengan dokter.

  1. 2. Sindroma Down

Kelainan ini adalah merupakan permasalahan genetic pada kromosom 21. Manusia mempunyai 23 pasang kromosom yang disertai kromosom seks. Setiap pasang ini mempunyai nomor urut kromosom dan pada kondisi Sindroma Down akan didapat jumlah kromosom 21 sebanyak 3/trisomi. Secara klinis hal ini akan ditunjukkan dengan adanya kelainan struktur fisik mongoloid, penurunan IQ, dan kadang disertai dengan kelainan kongenital lainnya. Resiko ini meningkat dengan seiring bertambahnya usia.

Untuk mendiagnosa kelainan ini didalam kehamilan diperlukan suatu tindakan invasive yang dikenal sebagai Chorionic Villus Sampling dan Amniosentesis. Tindakan ini merupakan cara untuk mendapatkan sel dari janin untuk mendeteksi jumlah kromosom yang ada. Untuk menghindari tindakan amniosentesis yang berlebihan, dapat dilakukan proses skrining lebih dahulu mana potensial pasien yang beresiko tinggi untuk mempunyai kehamilan dengan kondisi ini. Skrining yang umum dilakukan adalah tes tengkuk janin (Nuchal Fold Thickness) yang didapatkan dengan pemeriksaan USG, yang kadang digabungkan dengan pemeriksaan darah(Quadriple Test), atau skrining Triple Test yang hanya menggunakan sample darah. NFT dan Quadriple Test dilakukan pada kehamilan 10 sampai 13 minggu, sedangkan triple test dilakukan pada kehamilan 15 sampai 17 minggu

Amniosentesis

Amniosentesis dilakukan pada wanita hamil dengan tujuan mengambil sampel cairan ketuban. Tindakan ini dilakukan dengan bantuan USG untuk bias melihat kantung cairan ketuban, lalu dengan jarum tipis cairan ketuban ini akan diambil untuk dikirimkan ke laboratorium genetika sebagai proses untuk menganalisa jumlah kromosom. Aminosentesis ini juga dapat dilakukan untuk beberapa indikasi medis lainnya.

 

Walaupun tindakan ini dikategorikan sebagai tindakan yang invasif, tetapi di tangan operator yang berpengalaman dan handal, amniosentesis mempunyai resiko yang relatif kecil. Resiko keguguran dengan tindakan ini adalah 1 dari 200. Resiko trauma pada bayi mengingat tindakan ini umumnya dilakukan dengan bantuan USG, sangat jarang terdengar kecacatan bayi yang diakibatkan oleh karenanya.

 

USG

Dengan bertambahnya kecanggihan alat deteksi kelainan dapat dilakukan sedini mungkin. Alat USG 4 Dimensi sangat membantu deteksi kelainan struktural pada bayi. Dokter yang melakukan USG inipun harus merupakan dokter yang terlatih khusus. Umumnya anda akan diperiksa selama minimal 20 menit untuk menilai janin secara keseluruhan. Mengingat pada wanita di usia 35 tahun keatas banyak terjadi peningkatan resiko kehamilan dengan bayi yang disertai kelainan congenital, pemeriksaan ini menjadi bagian yang sangat penting adanya dalam proses pemantaun kehamilan. Idealnya pemeriksaan ini dilakukan pada usia kehamilan 20 sampai 24 minggu, walaupun tidak menutup kemungkinan diluar dari usia kehamilan ini untuk dilakukan pemeriksaan morfologi detail.

 

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pelayanan di RS Bunda, anda dapat menghubungi bagian Customer Relation, telp 31922005, email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.