We have 29 guests online
Thursday, 24 April 2014

Laparoskopi

Laparoskopi adalah suatu tindakan mini invasive dimana pasien yang bisa menggantikan tindakan yang dahulu harus melalui proses operasi besar seperti Laparotomi untuk berbagai macam kondisi medis. Kondisi seperti miomauteri, endometriosis, infeksi panggul dan nyeri haid melalui laparoskopi akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Masa pemulihan umumnya hanya berlangsung 2 hari dengan kosmetik luka yang hanya memerlukan sayatan sekitar 5mm.

 

Persiapan

Tindakan laparoskopi dilakukan dalam pembiusan umum dengan lama tindakan bervariatif antara 1 sampai dengan 3 jam. Rata-rata umumnya lama operasi akan berlangsung 2 jam. Pasien diharapkan melengkapi persiapan seperti pemeriksaan darah rutin dan puasa selama minimal 6 jam. Pada kondisi tertentu pasien akan diminta untuk persiapan usus 1-2 hari sebelumnya. Untuk tindakan laparosokopi kandungan umumnya pasien akan berada pada posisi lithotomy (posisi pemeriksaan kandungan) dan trendelenburg (posisi badan dan kepala turun ke bawah).

 

Ekspektasi

•  Selama tindakan rongga abdomen (perut) akan dikembungkan dengan menggunakan gas CO2 untuk mendapatkan rongga yang aman untuk operasi. Hal ini akan menimbulkan rasa kembung dan tidak nyaman selama beberapa hari paska operasi. Gas yang masih tertahan kadang juga menimbulkan rasa tidak nyaman dibahu.

•  Mual muntah sering dikaitkan dengan obat bius yang dapat ditangani dengan mudah. Luka sayatan akan ada didaerah pusar untuk kamera sebesar 1 cm dan sayatan lain sebesar 5mm disamping panggul dan didaerah bawah perut. Umumnya Luka ini sembuh sangat cepat dan tidak berbekas. Pada individu yang mempunyai bakat keloid, perlu didiskusikan mengenai langkah preventif. Karena akan ada manipulasi rahim, pasien akan mengalami pendarahan seperti menstruasi sekitar beberapa hari.

•  Kateterurin dan infusakan dilepas umumnya secepat mungkin dalam 24 jam pertama.

•  Mobilisasi pasien akan diusahakan secepat mungkin dalam 1 hari pertama. Pasien umumnya akan diperiksa kesiapan untuk mulai makan dan minum setelah operasi dengan mengevaluasi bunyi usus.

•  Pasien dapat dipulangkan dalam satu hari tetapi pada kondisi yang umum pasien hanya membutuhkan perawatan 1 paling lama 2 hari.

 

Resiko dan komplikasi

Semua tindakan operatif mempunyai resiko dan potensial komplikasi. Walaupun demikian tindakan laparoskopi ini mempunyai resiko yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan operasi besar. Resiko yang umum adalah

•  Perdarahan pembuluh darah besar( 1: 1400 kasus)
•  Cederausus, kandung kencing dan organ abdomen  dan panggul lainnya yang terkait dengan operasi ( 1: 2000 kasus)
•  Infeksi luka luar dan dalam( 1: 700 kasus) Umumnya resiko ini sangat rendah dengan pemberian antibiotika profilaksis

Biaya

Informasi ini dapat diminta kebagian Informasi dan Client Service RS Bunda.

Share


 

Comments   

 
+1 # Novi T R 2011-07-03 15:08
Tks ya Doc info-nya.
Tapi ada yg mau diklarifikasi lg ya doc, maksudnya tindakan persiapan usus 1-2 hari seblm operasi spt apa? Apakah spt pola makan yg diatur? Karna sy dpt infonya persiapan usus dg pemberian laxative hanya 6-8 jam seblm lo..
Ada kiat biar cpt pulih ga doc? Biar ga terlalu lama dirawatnya after lo.. J
Lalu dari pengalaman orang lain yg pernah sy baca, re. perawatan after lo yg memerlukan suntik tapros, itu untuk kondisi yg bgmn?
Many thanks in advance ya doc..
 
 
+2 # dr. Ivan Sini 2011-07-03 16:07
Hi Bu,
Laxative memang rutin diberikan dalam kaitan mengurangi usus yang menganggu lapang operasi. Kalau untuk cepat pulih karena laparoskopi menggunakan port operasi yang minimal pemulihan umumnya sangat cepat walaupun tetap akan ada masa pemulihan seperti nyeri yang berkaitan dengan penggunaan gas CO2.
Saya umumnya tidak otomatis memberikan suntikan adjuvant kecuali memang ada indikasi seperti endometriosis berat.
salam
 
 
+1 # Guest 2011-10-12 08:54
dok, sy habis mlahirkan caesar tgl 28 sept 2011, yg ingin sy tanyakan :
1. stlah brapa bulan sy boleh "brhubungan dg suami"
2. bagaimana sy mengetahui luka jahitan yg dalam telah sembuh?
3. apa saja yg tidak boelh sy lakukan selama proses penyembuhan?
4. obat apa yg bs sy konsumsi agar bs segera pulih (karna aktifitas sy banyak)
 
 
+1 # Guest 2013-02-25 08:58
Dr.. Sy melakukan pemeriksaan dan hasilny felopian tube saya agak Bengkak Dan Ada miom Dan dokter menganjurkan untuk laparoscopy tapi saya Lakukan pemeriksaan lg dengan MRI Dan hasilny tidak Ada apa2.. sebenarnya saya ingin konsultasi dengan dokter tapi jadwal dokter padat sekali. Apa yang sebaiknya saya Lakukan ? Sebab perut bawah saya yang kiri Dan Kansan suka sakit. Mohon bantuan Dan advice Dari dokter terima kasih...
 
 
+1 # Guest 2013-06-24 11:46
dok cara yang aman untuk pemeriksaan lebih lanjut dan kecil kemungkinan efeknya berati laporoskopi? tp knp saya dsarankan utk HSG,padahal saya baca2 HSG ini efeknya menakutkan bisa merusak indung telur yg aktif. mohon sarannya? krn saya menunggu bln ini haid dan baru ambil tindakan oleh dokter.
 
 
0 # Guest 2013-10-16 10:19
dok, saya di diagnosa kista endometriosis, dan disarankan untuk laparaskopi. pada hari keberapa menstruasi sebaiknya laparaskopi dilakukan?terim a kasih
 
 
0 # Guest 2014-03-22 22:37
Apа yang kami dɑpat Ԁari berita ini sungguh berguna untuk saya.

Puji Syukur, sеmoga pada artikesl selɑnjutnya pasti
lebih atraκtif lagi. Sukses untuk Anda.

Feel free to vissit myy blog; Suara Rakуat: http://www.matahaticorp.com/
 
 
0 # Guest 2014-03-27 13:14
dokter, satu minggu pasca laparoscopi krn miom kista dan hidrosalpinx sy dapat menstruasi lama menstruasi sekitar 10 hari, setelah masa menstruasi tsb berakhir apakah sudah aman melakukan hubungan suami istri? mengingat usia perkawinan kami sdh menjelang 13 th dan belum dikaruniai momongan. krn erdasarkan saran dokter kandungan sy stlh laparoscopi sy bisa subur kembali. terimakasih.
 

Add comment


Security code
Refresh

 
Content View Hits : 400163
2011 dr ivan clinic . all rights reserved

Designed by ideseni webdeveloper by dinartdesign